Berbagi Resep Menu Masakan Resep Asli Indonesia Yang Tentunya Mudah Dan Enak.

Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Enak

Siapa yang tak kenal dengan tempe mendoan? Tempe mendoan merupakan salah satu panganan yang sangat lekat dengan kita, terutama bagi anda yang gemar nongkrong di warung kopi. Selain sebagai lauk, tempe mendoan juga tak jarang dijadikan kudapan bersantai bersama dengan keluarga, dengan aneka sambal cocolannya. Di Indonesia sendiri ada beragam resep mendoan yang terkenal dengan kelezatannya, salah satunya adalah resep tempe mendoan Cilacap.

Tempe sering kali diidentikkan sebagai makanan kelas bawah, namun hal itu tentunya tidaklah benar. Tempe merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang kaya akan gizi, sehingga kini tak jarang restoran mewah pun turun menghidangkan beragam makanan berbahan dasar tempe. Resep tempe mendoan sendiri banyak ragamnya di Indonesia, setiap daerah tentu memiliki ciri khasnya masing-masing, dan salah satu resep tempe mendoan yang cukup terkenal adalah resep tempe mendoan Cilacap. Penasaran ingin mencobanya di rumah? Berikut resep lengkapnya untuk anda.

Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Enak


Bahan-Bahan Resep Tempe Mendoan Cilacap


  • 20 buah tempe mendoan atau tempe biasa (iris melebar dan tipis sebanyak 15-20 potong) 
  • 3 batang daun bawang (iris tipis) 
  • 4 sdm tepung terigu 
  • 2 sdm tepung beras 
  • Minyak goreng secukupnya 
  • Air secukupnya


Bahan bumbu halus


  • 4 siung bawang putih 
  • 2 butir kemiri 
  • 1½ sdt ketumbar 
  • Kencur (kira-kira 1 cm) 
  • Garam


Cara Membuat Tempe Mendoan Cilacap

Untuk membuat tempe mendoan khas Cilacap ini sangatlah mudah dan hampir sama dengan cara membuat tempe mendoan pada umumnya.


  1. Pertama setelah anda menyiapkan semua bahan-bahan, selanjutnya campurkan semua bahan termasuk bahan bumbu halus yang telah anda ulek halus. 
  2. Selanjutnya tambahkan air secukupnya, aduk hingga mencapai tingkat kekentalan yang anda inginkan, jangan terlalu encer ataupun terlalu kental. 
  3. Setelah adonan siap, masukkan irisan tempe mendoan ke dalam adonan tepung. 
  4. Panaskan minyak goreng, pastikan minyak goreng dapat menutupi seluruh permukaan tepung. 
  5. Setelah panas, goreng tempe mendoan hingga tepungnya matang. 
  6. Goreng sampai adonan tepung matang tidak perlu sampai kering, Namun dapat anda sesuaikan dengan selera. 
  7. Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.


Untuk melengkapi sajian tempe mendoan anda, dapat anda sajikan bersama cabai rawit, atau sambal kecap. Sambal kecap dapat anda buat dengan menghaluskan 1 siung bawang putih yang dicampurkan dengan potongan cabai rawit merah, sedikit garam dan kecap manis.

Baca juga: Resep Cara Membuat Kue Pancong Kelapa Enak

Hmmm... sudah terbanyang kelezatannya bukan? Apa lagi jika dinikmati selagi hangat bersama keluarga tercinta. Ingin segera mencoba resep tempe mendoan Cilacap di rumah? Pastikan anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk menjaga cita rasanya, selamat mencoba..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Enak