Berbagi Resep Menu Masakan Resep Asli Indonesia Yang Tentunya Mudah Dan Enak.

Resep Sambal Kecap Ikan Goreng Pedas Manis

Rasa khas yang diciptakan dari sambal kecap memang sering menggugah selera saat sambal ini dihidangkan dengan menu lauk ikan goreng. Dengan nasi dan ikan yang masih hangat, sambal ini akan semakin membuat santapan semakin nendang saat di mulut. Berbagai jenis sambal dengan kreasi yang berbeda-beda, resep sambal kecap ikan goreng memang selalu ada disetiap masakan bagi mereka yang memasak ikan maupun ayam yang di goreng. Namun selain di goreng, menu hidangan dibakarpun dari ikan ataupun ayam sambal kecap juga sangat nikmat untuk dijadikan sandingan teman cocolan.

Resep Sambal Kecap Ikan Goreng Pedas

Rasa manis pedas inilah yang sering membuat pemakannya selalu ingin nambah dan nambah saat menyantap ikan goreng dengan sambal kecap. Bahkan bukan hanya dari kalangan orang dewasa dan orang tua saja yang menyukainya, kalangan anak-anak pun juga sangat menyukai sambal kecap ikan goreng tersebut. Nah, bagi anda yang suka kreasi sambal ini untuk santapan hidangan ikan goreng, ada menu sambal istimewa dari sambal kecap yang bisa anda buat untuk melengkapi menu hidangan lauk ikan goreng saat makan malam. Dan tentunya resep sambal kecap ini akan sangat berbeda dengan resep lainnya, karena citarasanya yang memang lezat dan juga nikmat.


Bahan membuat sambal kecap ikan goreng:


  • Bawang merah 5 siung 
  • Cabai rawit 7 buah 
  • Cabai hijau 5 buah 
  • Jeruk nipis 1 buah, jika tidak ada bisa pakai daun jeruk iris tipis 2 lembar 
  • Garam dan penyedap rasa, secukupnya 
  • Kecap manis, secukupnya


Cara membuat resep sambal kecap ikan goreng:


  1. Langkah pertama untuk membuat sambal kecap spesial di atas, anda bisa siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kupas kulitnya, dan kemudian cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. 
  2. Setelah itu, potong semua bahan seperti cabai hijau, cabai rawit, dan bawang merah. Untuk pemotongan cabainya bisa dibentuk lurus jangan miring supaya tampilannya lebih cantik. Sedangkan untuk bawang merah bisa anda iris dengan tanpa memakai landasan supaya sarinya lebih keluar dan bentuknyapun juga kasar. 
  3. Setelah semua bahan sudah terpotong dengan benar, masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dengan ukuran sedang atau yang cukup dengan bahan. 
  4. Kemudian beri perasan jeruk nipis atau potongan daun jeruk jika tidak ada jeruk nipis nya. Namun buang daging bagian tengah daun jeruk. 
  5. Terakhir, anda bisa tuangkan kecap sesuai selera. Dan jika rasanya kurang gurih, anda bisa tambahkan garam dan penyedap rasa jika suka. 
  6. Sambal kecap ikan goreng siap untuk disantap.


Supaya rasa sambal lebih nendang dan dahsyat saat di mulut, anda bisa melengkapi hidangan makanan anda dengan lalapan berupa mentimun, tomat, selada, daun kemangi, kerupuk atau bahan pelengkap lainnya supaya santapan makan terasa lebih nikmat.

Resep sambal kecap ikan goreng ini memiliki rasa yang tak kalah sedapnya dengan sambal-sambal yang dijual direstauran besar sebagai sambal cocolan ikan. Untuk itu, bagi anda yang memang suka sambal kecap, anda wajib mencoba kenikmatan dari sambal kecap di atas.

Baca juga: Resep Kue Brownies Coklat Keju Yang Lezat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sambal Kecap Ikan Goreng Pedas Manis