Berbagi Resep Menu Masakan Resep Asli Indonesia Yang Tentunya Mudah Dan Enak.

Resep Es Rumput Laut Enak dan Menyegarkan

Resep selanjutnya yang akan penulis berikan adalah resep es rumput laut. Setelah dalam beberapa kesempatan penulis memberikan berbagai macam resep makanan yang bisa anda coba sendiri di rumah, kali ini penulis akan coba memberikan resep minuman, yaitu resep es rumput laut.

Minuman bisa disajikan dengan berbagai pilihan penyajian, bisa dalam kondisi panas ataupun dingin, jika anda menyukai minuman yang hangat atau panas anda bisa mengkonsumsi kopi, ataupun minuman tradisonal seperti bajigur dan bandrek. Jika anda merupakan tipe orang yang lebih suka dengan minuman dingin anda bisa mencoba berbagai macam minuman dingin seperti es buah, es kelapa muda ataupun soda yang didinginkan. Pada dasarnya minuman dingin adalah jenis minuman yang ditambah es atau disimpan di lemari es terlebih dahulu untuk mendapatkan sensasi dingin yang diinginkan sebelum dikonsumsi. Sensasi dingin ini akan memberi sensasi kenikmatan yang lebih ketika anda menyantapnya dikala cuaca panas atau sedang merasa haus.

Resep Es Rumput Laut Enak dan Menyegarkan

Diantara jenis minuman dingin yang populer dan banyak disukai oleh masyaratak kita salah satunya adalah es kelapa muda. Minuman ini banyak dijual baik dipinggir jalan ataupun di depan-depan pertokoan, harganya pun cukup murah. Selain Es kelapa muda, satu lagi jenis minuman dingin yang sekarang sedang banyak diminati adalah es rumput laut. Ya betul, rumput laut ini ternyata enak loh dibuat minuman, rasa kenyalnya yang khas sangat enak apabila dinikmati dengan es dan dicampur dengan buah-buahan yang lainnya. ES rumput laut memang banyak yang menyukai, harganya pun cukup murah, hanya dengan lima ribu rupiah saja anda sudah bisa mencicipi minuman enak dan menyegarkan ini.

Es rumput laut sebenarnya sangat mudah lho untuk dibuat, anda sendiripun bisa mencobanya dirumah, apalagi jika anda menginginkan berbagai macam buah-buahan yang ditambahkan kedalam minuman makan anda bisa mencoba membuat minuman ini dirumah. Bila anda berencana untuk mencoba membuatnya sendiri, berikut penulis berikan resep es rumput laut yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es rumput laut:


  • Manisan rumput laut hijau sebanyak 50g 
  • Manisan kolang kaling sebanyak 50g 
  • Jelly atau agar-agar yang sudah dipotong sesuai selera sebanyak 50g 
  • Nata de coco sebnayak 50g 
  • Buah melon yang sudah dipotong-potong sesuai selera sebanyak 50g 
  • Buah apel yang sudah dipotong-potong sebanyak 50g 
  • Kelapa muda yang sudah di kerok atau dipotong sesuai selera sebanyak 50g 
  • Sirup cocopandan dengan jumlah secukupnya sesuai selera 
  • Santan kental yang sudah direbus sebanyak 100ml 
  • Susu kental manis putih dalam jumlah secukupnya sesuai selera 
  • Es batu yang sudah diserut atau dipotong-potong kecil dalam jumlah secukupnya


langkah-langkah cara membuat es rumput laut


  1. Siapkan mangkuk yang lumayan besar yang akan digunakan untuk mencampur semua bahan 
  2. Siapkan gelas, masukkan potongan buah yang sudah dipersiapkan sebelumnya 
  3. Masukkan kolang kaling, nata de coco, jelly dan juga amnisan rumput laut kedalam gelas tersebut 
  4. Tambahkan es batu yang sudah diserut atau dipotong-potong pada bagian atas gelas 
  5. Tuangkan sirup cocopandan dan juga santan rebus kemudian kucuri dengan susu kental manis dengan jumlah sesuai selera anda 
  6. Es rumput laut pun sudah siap untuk anda nikmati


Baca juga: Cara Membuat Es Kelapa Muda

Nah itulah resep cara membuat es rumput laut yang lezat dan menyegarkan yang bisa anda cobva sendiri di rumah. Minuman ini akan sangat lezat untuk dinikmati dikala cuaca sedang panas, anda juga bisa menambah atau mengganti jenis buah-buah tertentu sesuai dengan selera anda untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Bagaimana, berani mencoba?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Es Rumput Laut Enak dan Menyegarkan